Jenis Metode Peluncuran Kapal

Peluncuran kapal adalah salah satu prosedur terpenting pada proses pembangunan kapal. Tipe peluncuran slipway, konstruksinya tersusun dari sebuah jalur slope yang turun ke air dari tepi galangan, adalah sebuah aspek utama dari prosedur peluncuran kapal dan yang paling sering digunakan untuk peluncuran pembuatan kapal baru ataupun perbaikan kapal.
 
Vidio Peluncuran Kapal

Beberapa tahun belakang nampaknya dilakukan pengembangan, khususnya pada sistem peluncuran kapal guna meningkatkan keamanan dan stabilitas kapal di air.
Perbedaan Jenis Metode Peluncuran Kapal
Umumnya, peluncuran kapal ke laut menggunakan empat jenis metode ini. Metodenya sebagai berikut:
1. Gravitational type launcing
2. Floating-out type launcing
3. Mechanical type launcing
4. Airbag launcing
1. Gravitational type launcing: gravitational type launcing selanjutnya dibagi menjadi tiga tipe, yaitu:
- Longitudinal Oiled Slideway Launcing
- Longitudinal Steel - Roller Slideway Launching
- Side Oiled Slide Way Launcing
Longitudinal Oiled Slideway Launcing
ship-launch-roller-238x300
Longitudinal Oiled Slideway Launcing
Longitudinal Oiled Slideway Launcing adalah salah satu teknik peluncuran kapal paling lama. Dengan menggunakan teknik ini, kapal diluncurkan pada slideway dan beban kapal masuk kedalam air secara perlahan. Serta menggunakan oli atau wax untuk memperlancar proses peluncuran.
Longitudinal Steel - Roller Slideway Launching
Pada teknik peluncuran ini steels rollers digunakan sebagai pengganti ali untuk mengurangi gesekan selama proses berlangsung. Metode ini menggunakan high-intensity steel rollers, perlengkapan keamanan, dan landasan baja untuk peluncuran. Plat baja pada kayu lintasan membantu proses peluncuran dan slide rails melindungi kayu dari steel balls.
Jaring dipasang di ujung lintasan supaya steel balls tidak hilang dan bisa digunakan kembali. Teknik ini adalah yang paling efektif dan paking mudah untuk dimulai. Meskipun demikian, harga pemasanganya lumayan mahal.
Slide Oiled Slide Way Launcing
ship-side-launch-300x214
Slide Oiled Slide Way Launcing
Slide Oiled Slide Way Launcing juga salah satu yang paling seiring digunakan dalam peluncuran kapal. Jenis ini terdiri dari dua tipe.
Pertama, lintasan (slipway) diperpanjang sampai ke dalam air dan kemudian kapal diluncurkan. Tipe kedua, lintasan (slipway) tidak diperpanjang sampai ke air dan kapal diluncurkan begitu saja. Selanjutnya kapal dalam posisi steady karena bouyancy dan faktor stabilitas kapal. Teknik ini mengharuskan kapal mempunyai kekuatan dan stabilitas bagus.
2. Foating- Out Type Launcing
ship-in-dry-dock-300x225
Floating Out Type Launcing
Floating out launcing adalah teknik mengeluarkan kapal untuk dikerjakan pada dry-docks dan diluncurkan dengan mengisi dok dengan air. (secara teknis bukan merupakan proses peluncuran kapal). Metode peluncuran Floating termasuk sederhana, efektif, dan aman. Meskipun proses pembangunanya lumayan mahal, metode ini banyak digunakan shipbuilders.
3. Mechanical Type Launching
Peluncuran kapal secara mekanik dibagi menjadi seperti dibawah ini:
- Peluncuran mekanik secara longitudinal
- two points longitudinal mechanized chute launching
- slope change transverse area mechanized vertical chute launcing
- high-low track slide mechanization launcing
- mechanized comb slide
- lifting ship equipment
ship-launch-mechanical-300x217
Mechanical Type Launcing
Semua sistem yang disebutkan diatas mensyaratkan keutamaan mekanik untuk meluncurkan kapal. Pembangunan dan perawatan tipe ini termasuk mahal, yang mana mobilitas dan faktor pengendalian dari sistim tidak menguntungkan. Semua metode diatas lebih cocok digunakan pembangunan kapal ukuran kecil tidak besar, dan tonase yang rendah tidak berat.
4. Air bags Launcing
airbags-launching
Air bag Launcing
Peluncuran kapal menggunakan metode ini adalah sebuah inovasi dan teknik aman untuk meluncurkan kapal di air. airbags ini biasanya dalam bentuk silinder dengan kedua ujunganya berbentuk setengah lingkaran. Terbuat dari reinforced rubber layers dan kapasitas menahan beban tinggi. Keuntungan lainya yaitu bisa digunakan segala ukuran jenis kapal.
Apakah Anda berfikir demikian? Let's comment.
Sumber gambar: marineinsight.com

Ulasan

Catat Ulasan

Catatan popular daripada blog ini

Table Manners (Aturan Makan Internasional) ala Negara Eropa, Amerika, Jepang, dan Indoensia

Perhitungan Konstruksi Kapal (Sekat- Sekat dan Gading Kapal)

Pengertian Superintendent Engineering