Perhitungan Konstruksi Kapal (Sekat- Sekat dan Gading Kapal)
![]() |
Konstruksi Kapal |
BAB V
PERHITUNGAN KONTRUKSI
5.1.Perhitungan
Dasar Ganda
Menurut
ketentuan BKI 1989 Volume II Bab VIII
Tinggi double
bottom (h) tidak boleh kurang dari :
h =
350 + 45B (mm) dimana
B = 10,500 m
=
350 + 45(10,5)
=
822.5 mm (diambil 0,85 m)
Untuk kapal tanker, tinggi double bottom
minimum adalah B / 15, tapi tidak boleh kurang dari 1000 mm dan tak boleh
melebihi 3000 mm.
Dasar Ganda
pada Kamar Mesin
Pada perencanaan ini diambil peninggian
konstruksi pondasi motor diatas dasar ganda pada kamar mesin sebesar 1500 mm dari base line kapal, harga tersebut
berdasarkan pertimbangan kelurusan antara center line boss propeller dengan
center line pada main engine.
5.2.Perencanaan Sekat dan Jarak Gading
a.
Jarak Gading (ao)
Jarak gading atau Frame Spacing merupakan
jarak antara 2 gading yang terletak antara Sekat Ceruk Buritan (After Peak
Bulkhead) dengan Sekat Tubrukan (Collision Bulkhead).Jarak tersebut dapat
dihitung dengan persamaan sebagai
berikut :
a0 =
L / 500 + 0,48 ( m ).......(BKI vol II 1989 sec 9. A 1.1)
=
66/500+0,448
=
0,6 m
Harga a0 diambil sebesar 0,60 meter.
(Dipilih jarak yang lebih kecil atau sama dengan jarak maksimum yang
telah ditentukan oleh kelas berdasar hasil perhitungan).
Jarak Gading
di Depan Sekat Tubrukan Dan di Belakang Sekat Ceruk Buritan
Menurut BKI vol II section 9 A.1.1.2, jarak
antara 2 gading yang terdapat di belakang Sekat Ceruk Buritan dan di depan
Sekat Tubrukan tidak boleh melebihi 600
mm. Dalam perencanaan ini diambil jarak
gading sebesar 600 mm.
b.
Perhitungan Sekat Kedap Air
Setiap kapal harus mempunyai sekat - sekat
kedap air yang meliputi :
·
Sekat
tubrukan.
·
Sekat tabung
buritan
·
Sekat kamar
mesin.
Berdasarkan ketentuan -
ketentuan BKI vol II tentang jumlah sekat minimal
termasuk sekat diatas adalah :
L ≤
65 m adalah 3 sekat
65 L ≤
85 m adalah 4 sekat
L > 85 m adalah 4 sekat + 1 ( untuk setiap
kelipatan sampai 20 m )
Maka
direncanakan pemasangan sekat
kedap air untuk tipe kapal cargo ( 87,084 m ) adalah sebagai berikut :
1
buah : Sekat Ceruk Buritan
1
buah : Sekat Tubrukan
1
buah : Sekat depan Kamar Mesin
1
buah : Sekat antar Ruang Muat
Sekat
Tubrukan
Menurut peraturan BKI yang tercantum pada
buku peraturan konstruksi lambung , untuk semua kapal barang dengan L≤ 200 m,
sekat tubrukan diletakkan tidak kurang dari 0,05 L dari FP dan tidak boleh
lebih dari 0.08 L dari FP. Syarat minimum letak sekat tubrukan di belakang FP
adalah 0,05 L.
0,05 L
= 0,05 (66 m) dimana L = 66 m
= 3,3 m ~
diambil 3,6 m
Syarat maximum letak sekat tubrukan di
belakang FP adalah 0,08 L.
0,08 L = 0,08
(66 m)
dimana L =
66 m
= 5,28 m
~ diambil 6 m
Sehingga diambil letak sekat tubrukan 3,6 m
di belakang FP atau pada frame no. 104. Kemudian Sekat Ceruk Buritan sekurang-kurangnya
berjarak 3 jarak gading dari ujung boss
propeller atau 5 - 15%
Lpp dihitung dari AP. Direncanakan jarak antara sekat ceruk buritan ke AP
adalah :
Jarak sekat buritan adalah 5 - 15% Lpp
dihitung dari AP.
Sekat tubrukan:
5% Lpp
= 0,05 x 66 m
= 3,3 m ~ diambil 3,6 m
Agar terdapat kecukupan ruang dalam memasang
poros antara di buritan kamar mesin, pada kapal ini diambil jarak 3,6 m
sehingga sekat ceruk buritan terletak di frame no. 6.
Sekat Kamar Mesin
Jarak sekat kamar mesin diletakkan dengan
mempertimbangkan banyak hal antara lain :
·
Panjang mesin
·
Poros
·
Jarak untuk
peletakan peralatan di depan mesin induk
Dalam hal ini panjang kamar mesin diusahakan
seminimal mungkin sesuai dimensi permesinan yang ada agar ruang muat menjadi
maksimal. Yang meggunakan pendekatan 15-
18 fs
atau bisa menggunakan pendekatan grafik SHPmax, jenis mesin yang
digunakan, dan volume ruang mesin utama
Pada perencanaan ini panjang kamar mesin
diambil sebesar kurang lebih 13 m, atau gading
no. 6 sampai 28.
Mau tanya mas, untuk peraturan letak ceruk buritan (5-15% Lpp) diambil dari mana ya?
BalasPadamDiambil dari AP (After PErpendicular), mohon maaf baru menjawab sebab sibuk kerja.
PadamDi konten saya ini mengambil 5%, jika LPP saya 66 maka dikali %5 didapatkan hasil 3,3m. Karena jarak antar gading saya 0,6m maka saya paskan 3,6m.
Ulasan ini telah dialihkan keluar oleh pengarang.
BalasPadamMau nanya mas, punya gak perhitungan konstruksi tapi menggunakan rule BKI yang terbaru ? Terimakasih
BalasPadamuntuk sekat kamar mesin dihitung darimana gan
BalasPadamJAMMU: 799 Casino Hotel | Trip.com
BalasPadamSituated in Muhle, JAMMU is an eco-friendly and modern hotel 동두천 출장마사지 situated 여수 출장마사지 on the 시흥 출장안마 outskirts of Muhle, Mali, just one hour west 거제 출장안마 of the capital of Rating: 5 · 7 삼척 출장샵 reviews
bg boleh minta pdf nya gak?
BalasPadam