Table Manners (Aturan Makan Internasional) ala Negara Eropa, Amerika, Jepang, dan Indoensia

elemen mesin kapal
Peletakan Alat Makan ala Table Manner
Table manner (tata cara makan) adalah etiket, tata krama, atau sopan saat di meja makan secara intenasional. Tata cara makan yang benar dengan memahami tatacara jamuan makan internasional dengan sikap serta pribadi yang anggun. Dalam Table Manner makanan memang penting tapi itu bukan yang terpenting, unsur sosialisasi dan komunikasi lah yang lebih diutamakan.

Tiap negara punya aturan berbeda untuk cara makan berdasarkan kebudayaan masing-masing. Saat kita diundang menghadiri jamuan makan malam formal, sebagai tamu tentu harus mematuhi aturan dasar di meja makan. Kalau tidak mengikuti aturan tata cara makan bisa dianggap tidak sopan (bahkan ndeso) dan yang mematuhi akan mendapat apresiasi dan image yang baik.

Table manner dari negeri barat kini merupakan yang paling banyak dijadikan panutan dan digunakan oleh negara lain, seperti di Indonesia, Singapore, dan lainnya. Cara dan etiket yang digunakan di setiap negara nampaknya terbentuk dari tradisi yang terdapat di sebuah negara, misalnya Jepang sebagai negeri yang hingga kini masih berpegang erat pada tradisi-tradisi mereka juga memiliki cara makan dan etika tradisional sendiri ketika menyantap makanan di meja makan.

Table Manner European (Tata Cara Makan Negara-Negara Kawasan Eropa)


  • Posisi Duduk di Meja Makan
Siku lengan di samping badan, kepala tidak terlalu menunduk, dan posisi badan tegak. Jangan pernah meletakkan siku di meja makan! Kalau datang bersama pasangan, posisi duduk tidak boleh berdekatan dan harus berseberangan dengan posisi agak menyilang. Posisi ini membuat kita bisa bersosialisasi dengan tamu yang lain.

Note: Sebelum menyantap hidangan utama biasanya kita harus mencicipi menu pembuka atau Appetizer.

  • Hidangan Utama (Main Course)
Buka dan letakkan serbet di pangkuan. Saat menikmati steak, pegang pisau dan garpu dengan telunjuk tangan berada di atas. Dengan cara ini, tekanan pisau dan garpu ke daging akan lebih kuat. Kunyah makanan dengan mulut tertutup dan selalu gunakan serbet (napkin) untuk membersihkan sudut bibir yang meninggalkan sisa makanan. Ketika selesai makan, rapikan sendok dan garpu dalam posisi vertikal (sejajar).

  • Hidangan Penutup (Dessert)
Setelah menyantap hidangan utama, saatnya menikmati hidangan penutup. Dessert umumnya berupa makanan atau minuman dingin, seperti cocktail, ice cream atau juice. Kalau hidangan penutup berupa minuman yang ada hiasan diatasnya, makan hiasannya atau sisihkan dahulu baru diminum.

  • Tata Cara Untuk Minum
Cangkir/mug digunakan untuk minum kopi, teh atau minuman panas lainnya, biasanya digunakan di acara tidak resmi. Tatakan biasanya disertakan untuk meletakkan sendok kecil, sendok diletakkan dengan posisi menghadap ke bawah atau di sisi piring makan. Jangan lupa keluarkan sendok dari mug/cangkir setelah digunakan untuk mengaduk. Saat memegang cangkir, jari tengah dan telunjuk dipertemukan dengan jempol (dijepit). Cangkir dan alasnya juga harus diangkat bersamaan. Saat minum, kepala kita juga ikut bergerak sedikit ke belakang mengikuti arah gelas.

Note: Jangan meniup minuman yang panas untuk mendinginkannya, kita bisa mengaduk minuman perlahan atau tunggu sampai panasnya berkurang.

Table Manner American Style (Aturan Makan Negara-Negara Bagian Amerika)

Jika ditanya apa yang membedakan table manner Eropean Style dan American Style yaitu pada tata cara menyantap steak (hidangan) kedalam mulut. Cara ala Amerika biasanya daging dipotong lebih dahulu baru disantap menggunakan sendok/garpu dengan tangan kanan. Cara Eropa langsung dipotong dengan pisau di tangan kanan lalu memakan dengan garpu di tangan kiri.

Table Manner Japanese Style (Tata Cara Makan Negara Jepang)

Makan ala tradisional Jepang mirip seperti yang ada di Indonesia yakni lesehan atau duduk di lantai dengan meja makan rendah, sepatu dan kaos kaki harus dilepas ketika menginjak tatami (alas lantai) dan duduk diatas batalan yang disediakan. Cara duduk yang formal untuk laki-laki juga perempuan adalah dengan seiza (duduk bersimpuh), dalam situasi yang lebih casual atau santai laki-laki dapat duduk bersila dan perempuan duduk dengan kedua kaki di samping.

  • Sebelum Makan
Tersedia handuk basah diatas meja untuk membersihkan tangan sebelum mulai makan, menunggu semua makanan datang dan ungkapkan “itadakimasu” ducapkan sebelum mulai makan bersama. “Itadakimasu” dulunya adalah sebuah persembahan/rasa terimakasih yang dipanjatkan kepada Dewa, kata tersebut memiliki dua arti yakni menghargai/menghormati orang yang terlibat dalam proses pembuatan makanan dan penghargaan untuk bahan baku makanan seperti tumbuhan dan hewan.

  • Aturan Makan
Ketika makan menggunakan mangkuk kecil, tata cara yang benar adalah mengangkat mangkuk tersebut mendekati mulut dan menyuap dengan sumpit sedikit demi sedikit. Mengendus makanan, bersendawa dan mengecap saat mengunyah adalah sikap yang buruk di meja makan. Setelah selesai makan, dianjurkan membereskan mangkuk, piring dan sumpit bekas makan ketempat semula seperti saat sebelum mulai makan. Setelah itu ungkapkan “gochisosama”, ungkapan yang diucapkan atas rasa terima kasih dan syukur akan makanan yang telah dimakan, bukan hanya kepada yang memasak namun juga untuk bahan makanannya.

  • Setelah Makan
Sehabis makan di Jepang biasanya ada waktu tersendiri untuk minum minuman segar seperti beer, manner ketika minum bersama di meja makan, ketika bersulang ungkapkan “kampai” bersamaan sambil menempelkan gelas bersamaan di tengah-tengah barulah nikmati minuman tersebut. begitulah table manner orang jepang, bagaimanakah dengan negara kita Indonesia?

Table manner Indonesian Style (Tata aturan Makan Negara Indonesia) 

Negara Indonesia menganut table manner dari negeri barat yang kini merupakan yang paling banyak dijadikan sebagai panutan dan digunakan oleh negara lain. Well, Merupakan hal yang amat sulit untuk belajar tata cara makan secara instan. Tetapi berikut ada beberapa poin pokok yang bisa diperhatikan:
  1. Masuk dari sebelah kiri kursi
  2. Tas jangan di taruh diatas meja
  3. Badan bagian atas diusahakan duduk tegak, anggun, tidak kaku tidak setengah berbaring
  4. Atur posisi badan tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat dengan meja makan, kedua kaki berdampingan
  5. Tangan tidak diletakan diatas meja tapi diletakan diatas pangkuan atau disandarkan kursi
  6. Lengan bagan bawah (siku) tidak boleh disandarkan di meja, kedua belah siku tidak dikembangkan
  7. Hindari penggunaan telepon genggam bila tidak terlalu penting
  8. Tidak merokok, terutama sebelum selesai makan
  9. Ucapkan terimakasih ketika makanan tiba
  10. Napkin/serbet makan di letakan diatas pangkuan selama makan, gunanya untuk menyeka bibir dan jari tangan saja
  11. Pada waktu menyantap makanan mulut tidak menuju ke makanan tetapi makanan menuju ke mulut
  12. Sewaktu makan tangan memegang pisau/garpu/sendok, lengan bagian atas dirapatkan kearah badan
Tips dasar ini bisa juga kita gunakan saat makan di restoran atau jamuan lainnya dan akan membantu meningkatkan image kita saat bersama dengan klien/relasi atau keluarga. Remember, good manners never go out of style! (rudi)

Dari beberapa sumber

Ulasan

Catat Ulasan

Catatan popular daripada blog ini

Perhitungan Konstruksi Kapal (Sekat- Sekat dan Gading Kapal)

Pengertian Superintendent Engineering