ITS Buka Pendidikan Profesi Sarjana Teknik



KKPNews, Surabaya – Selama ini bagi lulusan di beberapa bidang, seperti profesi engineering atau keteknikan, gelar sarjana saja tidak cukup. Mereka perlu menjalani pendidikan keprofesian agar siap menghadapi dunia kerja. Inilah yang menjadi salah satu dasar dan latar belakang Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, dalam pembuatan pendidikan profesi di Fakultas Teknologi Kelautan (FTK).

Pada saat yang sama, Dekan FTK ITS Prof Ir Daniel M Rosyid PhD MRINA mengatakan, program pendidikan profesi ini akan digelar selama dua semester atau setara dengan 36 SKS. Dari total SKS tersebut, 12 SKS di antaranya dijalani secara tatap muka, 18 SKS untuk magang serta enam SKS lainnya untuk sesi dengan industri terkait berupa pembuatan teknikal memorandum.

“Program pendidikan ini lebih berfokus pada pengembangan mahasiswa di lapangan kerja. Masa magang, dijalankan selama minimal enam hingga delapan bulan,” ujar Daniel, seperti dikutip dari laman ITS, Jumat (25/12/2015). Pendidikan profesi ini, kata Daniel, akan menggandeng sejumlah industri sebagai mitra. Teknikal Memorandum sendiri merupakan sebuah laporan dalam penyelesaian masalah yang ada pada industri terkait.

“Jadi, program ini semacam in-house training perusahaan tapi melibatkan ITS,” imbuhnya. Usai menyelesaikan pendidikan profesi, para mahasiswa akan diikutsertakan pada Seleksi Bersama Industri (SBI) yaitu rekrutmen karyawan oleh perusahaan mitra. Namun sebelum dinyatakan lulus, ujar Daniel, mereka harus mengikuti tes uji kompetensi untuk mendapatkan titel Insinyur Profesional (IP). Gelar tersebut akan disematkan oleh Persatuan Insinyur Indonesia (PII).

“Mahasiswa yang telah lulus dari program ini bisa bekerja di luar negeri minimal di tingkat ASEAN,” tandas Daniel

sumber: Link

Ulasan

  1. Ulasan ini telah dialihkan keluar oleh pentadbir blog.

    BalasPadam
    Balasan
    1. apa pendapat ibu fatma terakait penangkapan dimas kanjeng, setuju atau tidak ibu?

      Padam

Catat Ulasan

Catatan popular daripada blog ini

Table Manners (Aturan Makan Internasional) ala Negara Eropa, Amerika, Jepang, dan Indoensia

Perhitungan Konstruksi Kapal (Sekat- Sekat dan Gading Kapal)

Pengertian Superintendent Engineering